Thursday, October 16, 2014

Fakta Menarik Seputar Bedong

  1. Bedong dipercaya dapat meluruskan kaki bayi yang bengkok.

    Faktanya
    : Sebenarnya, antara kaki bengkok dengan bedong tidak ada hubungannya sama sekali. Semua kaki bayi memang bengkok. Semakin lama, tulang bayi semakin kuat sehingga menjadi lurus dengan sendirinya. Seperti itulah perkembangan fisiologis kaki manusia. Kain bedong yang membalut tubuh bayi malah dapat menghalangi pergerakan tangan dan kaki bayi sehingga mengganggu perkembangan motoriknya.
     
  2. Bedong dapat membuat anak tidak mudah kaget.

    Faktanya
    : Sementara itu, anggapan bahwa dengan dibedong anak menjadi tidak kagetan juga belum teruji secara ilmiah. Kaget saat bayi tidur adalah gerak refleks moro, dan itu wajar terjadi. Sekalipun dia dibedong, refleks moro tetap akan terjadi, hanya saja tidak kelihatan karena tertahan oleh bedong.
     
  3. Bedong juga dipercaya membuat bayi tidak cepat masuk angin serta dapat tidur nyenyak.

    Faktanya
    : Bayi seperti dipeluk, merasa nyaman, dan hangat karena dibedong. Hal yang harus dijaga adalah sebaiknya bedong tidak terlalu kuat karena akan menghambat gerakan bayi dan membuatnya susah bernapas. Membedong bayi sebaiknya dilakukan hanya setelah memandikan bayi atau pada saat suhu udara luar dingin, dengan harapan tubuh bayi akan tetap hangat.

Sumber : Konicare

No comments:

Post a Comment