Thursday, October 16, 2014

PERAWATAN BAYI

Pemelihaaraan Kulit

Umumnya sesudah dimandikan badan bayi dibedaki, akan tetapi bagan-bagian tertentu dari tubuh bayi seringkali perlu mendapat perhatian khusus.

Bagian dada serta perut supaya tidak kering bisa diberi minyak telon,yang juga berfungsi untuk menghangatkan badan.

Pada bagian tertentu seperti sekitar alis serta lengan,kulit sering terlihat kasar dan mengelupas untuk mengatasi hal ini dapat mengolesinya dengan minyak bayi atau krem bayi

Gangguan yang lebih serius sering terjadi pada daerah pantat, yaitu kulit menjadi merah atau lecet, bila ini terjadi hindari pemakaian bedak bayi daearah tsb,sebagai gantinya gunakan salep khusus sesuai anjuran dokter.

Adakalanya seorang bayi tidak tahan terhadap makanan dan minuman tertentu yang dimakan ibunya,sehingga timbul reaksi berupa alergi pada kulitnya, dalam hal ini sebaiknya ibu menghentikan makanan atau minuman yang alergi pada bayinya.


Pemeliharaan Rambut

Rambut bayi biasanya cukup dicuci dengan air hangat. Bila bayi sakit dan tidak boleh dimandikan,rambutnya bisa diseka dengan waslap basah untuk menghilangkan bau keringat.

Membersihkan mata dan telinga

Apabila mata bayi ada kotorannya bersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan minyak bayi atau air hangat, mulai dari arah luar kebagian dalam.

Telinga bayi dapat dibersihkan dengan kapas bertangkai, jangan sekali kali memasukkan kapas bertangkai kedalam telinganya, apabila telinganya tersumbat karena kotoran yang menumpuk, dokter dapat memberikan obat tetes telinga untuk mengeluarkannya.
Sesudah mandi keringkan daun telinga bagian dalam dan bagian belakang dengan baik.


Menggunting kuku bayi

Satu atau dua minggu sesudah lahiran, kuku bayi sudah panjang sehingga jika tidak dipotong akan melukai dirinya, Anda dapat mengguntingnya dengan gunting kuku yang ujungnya bulat, kerjakan yang sama pada kuku kakinya.


No comments:

Post a Comment